Senin, 14 Juni 2010

KOMPAK!!

6 Juni 2010

Tulisan ini gw tulis saat lagi bete nunggu pesawat ke Singapore di ruang tunggu terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta

Sewaktu mengikuti PABA (Passing the Baton) gw belajar banyak tentang arti kekompakan. But firstly, gw jelasin dulu dhe PABA itu apa. PABA ato kepanjangannya yang gw sebutin di atas itu adalah proses kaderisasi (nama kerennya OSPEK JURUSAN) yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa Sekolah Farmasi ITB angkatan 2009 yang ingin menjadi anggota aktif Himpunan Mahasiswa Farmasi di ITB. Walopun kakak-kakak panitia bersikeras PABA bukannya osjur, namun ya tetep aja..ajang kaderisasi kaya gitu ud terlanjur terkenal dengan nama osjur..hahha..osjur-osjur di ITB identik dengan tugas-tugas yang diberikan panitia, serta (sesi yang paling horror menurut gw) latih uji mental. (itu asli nyeremin bgt bagi gw yang belum perna ngalamain yang namany ospek dari sejak gw SMP ato pun SMA).

So…here I am..seseorang yang baru dalam dunia per-ospek-an..ga ngerti apa yang bakal terjadi pada saat ospek..tapi disini..gw ga mau menceritakan apa aja yang gw alami saat PABA kemarin..gw cm pgn share apa yang gw dapat dari PABA itu.

1 hal yang paling gw rasain dalam PABA ini adalah suatu rasa kebersamaan yang kami sebut sebagai KEKOMPAKAN. Awalnya gw ga ngerti arti kekompakan itu apa. Cm sekedar memakai baju kembar sm teman? Selalu kemana-mana bareng?? PABA mengajarkan gw bhwa KEKOMPAKAN jauh lebih dalam daripada itu. Kalo boleh sharing sedikit, gw punya cerita yang bener-bener bwt gw nangis terharu pas hari terakhir PABA tersebut.
Jadi critanya, setiap anggota PABA yang dianggap layak dilantik menjadi anggota resmi adalah orang-orang yang telah lulus tes dari panitia dan diberi sebuah symbol HMF ‘Ars Praeparandi’ ITB. Satu per satu dari kami semua mendapatkan nya. Namun terakhirnya..sisa 6 orang yang tidak mendapatkannya. Mereka dianggap masi kurang dalam hal pengetahuan dan kesungguhan mereka berkaitan dengan HMF. Yang bikin terharu adalah ketika kami smua 1 angkatan yang sudah mendapatkan symbol itu berbondong-bondong menyemangati ke 6 teman kami tersebut..kami benar-benar menyalurkan semangat kami kepada mreka..saya bahkan bernyanyi sambil menangis. Betapa stiap dari kami sangat mendukung mreka dan menginginkan mreka untuk ikut bergabung dengan kami. Namun klimaks nya bukan itu.klimaksny adalah pada saat kami diminta oleh panitia untuk memilih 1 orang dari 6 orang tersebut yang pantas mendapatkan symbol tersebut. Jawaban kami???? 1 DAPAT SEMUA DAPAT! 1 TIDAK DAPAT SMUA TIDAK DAPAT!!!!! WHAT A FAMILY!!!!!!!!!!!! Disitu gw merasa kami keluarga. Kami berangkat bersama-sama, mencapai finish pun harus bersama-sama. Kami nekat mengembalikan symbol yang telah kami dapat kepada panitia..namun yah…happy ending..panitianya mengembalikan simbol2 itu kepada kami..dan smua yang hadir pada hari terakhir PABA tersebut diterima menjadi anggota himpunan resmi…

Okeh…selesailah cerita gw..apa yang gw ingin sampaikan dari cerita itu???
Kekompakan bisa gw ibaratkan sebagai kekeluargaan..bukan arti kekeluargaan dalam buku PKN, tapi kekeluargaan yang bener-bener keluarga. Saling peduli, saling mengkhawatirkan, saling mendukung,.saling menyemangati…1 kalimat yang gw ingeetttt bget yang diucapkan sama salah satu panitia berbunyi gini “ satu keluarga berarti satu kesatuan. Satu jari saja yang sakit, seluruh tubuh sakit. Ketika otak yang berpikir, tangan lah yang mewujudkan hal tersebut.” Maknanya sangat dalam. That’s how family’s bonding works..we can feel others pain, others happiness.

Kembali lagi ke angkatan gw..gw smpt ditanya sm kakak panitia yang “ngetes” gw..katanya “menurut kamu, angkatan kalian sudah kompak??” dengan tegas gw jawab “sudah kaka.” Pertanyaan dilanjutkan “apa buktinya??bagaimana cara kamu meyakinkan saya????” ( note : dengan nada nyolot.. ==” ) gw jwab..kira-kira sih intiny gini. Di permukaan mgkn kakak melihat kami masi belum kompak. Dipermukaan kakak masi merasa kami terpencar-pencar, kumpulan orang-orang apatis, dsb..tp kekompakan kami tidak sekedar diukur dengan parameter selalu datang bergerombol pas PABA diadakan, selalu melakukan tugas angkatan bersama-sama, selalu melakukan yel-yel dengan serentak..kekompakan kami jauuuuuuuu lebih daripada hal-hal permukaan seperti itu..kalo kakak ikut dalam forum angkatan kami malam sebelum hari terakhir PABA..dimana kami saling menyalurkan semangat kami satu kepada yang lain, dimana kami saling mendukung saat ada yang belum menguasai smua materi..dan gw salah satu yang merasakan transfer semangat yang diberikan kepada saya. kalo kakak ada disitu, kakak akan merasakan atmosfer kekompakan kami…saya menjamin kakak akan mengubah pandangan kakak mengenai kekompakan kami.

Yang pengen gw sampein adalah..setelah PABA ini…dengan frekuensi kami bertemu, frekuensi kami berkomunikasi, kekompakan telah berubah menjadi suatu rasa persaudaraan yang erat, dimana kami bukan cm 1 angkatan 2009, bukan cm menuntut ilmu di Institut yang sama, fakultas yang sama, tapi kami adalah SATU KELUARGA BESAR!!!!!!!!!

HIDUP MAHASISWA FARMASI ITB ANGKATAN 2009 KARA SAGRAHA!!!!!!!!!!!!!!!!!
LET US BE THE LIGHT TO HELP, THE LIGHT TO CURE, AND THE LIGHT TO SHARE!!

5 komentar:

chrhad mengatakan...

Turut ngucapin selamat ya buat yg baru dilantik jadi anggota himpunan. Selamat berkarya dan semoga sukses ^^

FYI, saya satu almamater denganmu loh, hanya berbeda himpunan (Singkatan nama himpunan saya kelebihan satu huruf dari himpunanmu)

Hilda Persiana mengatakan...

hohohohhoo....thx yaaa...mx lu himp apa?? IF kan???tmn gw ada 1 juga yg baru resmi msk IF..hhehehe..

chrhad mengatakan...

Betul, IF, angkatan 2007. Wah, ada temanmu yg masuk IF? Siapa tuh?

Hilda Persiana mengatakan...

iyah...namanya Rita Wijaya...treat her well anw..hahhaha...tar ospek tmn ku jangan kejam2 yaaa..

chrhad mengatakan...

Angkatan saya sih udah gak gilirannya lagi jadi panitia, tapi jadi SWASTA... Haha

Sayangnya (atau untungnya ya?) saya gak ikut jadi swasta, karena lagi kerja praktik jauh dari Bandung (jauh dari rumah pula). Jadi tergantung deh sama temen2 saya yg lain (yg sempet datang tentunya). Tapi tenang aja, gak akan kejam2 kok. Kami kan baik2 :D (Narsis)

Posting Komentar