Minggu, 30 Mei 2010

perbincangan di angkot


tadi siang pas pulang dari gereja, gw naik angkot yang didalam nya berisi 2 orang ibu-ibu..yang 1 agak tua dan yang 1 lagi agak muda. mereka ngobrol ckup akrab, awalny gw pikir mrk tu emx uda saling kenal..tapi stelah gw nguping pembicaraan mereka..gw baru sadar..mereka baru kenal. kenapa gw menulis pengalaman gw yang ini????? karena ada yang unik dari pembicaraan mereka yang gak sengaja tertangkap telinga gw (baca : nguping).

ceritanya tadi siang tu pas gw mau naik angkotnya..tb2 hujan lebat..(di Bandung cuaca makin ga normal aja, suka-suka langit nya kapan mw ujan, kapan mw panas menyengat). ini adalah sepenggal pembicaraan mereka.
Ibu agak tua : "ibu, nanti kalo saya sampai dan ada yang uda tungguin, payung saya ibu bawa saja.."
Ibu agak muda : " oh...terima kasih Bu..gak usah repot-repot.."
Ibu agak tua : "nggak..ini hujannya lebat sekali..nggak punya payung nanti repot..gak apa apa..nanti payung saya buat ibu saja.."
Ibu agak muda : "terima kasih banyak, Bu..saya gak kepikiran bw payung tadi.."
Ibu agak tua : "cuaca sekarang memang aneh..sering tiba-tiba hujan lebat..wajar ibu lupa bawa payung.."
Ibu agak muda : "Ibu masih ada payung yang lain, saya nggak enak ambil payung ibu.."
Ibu agak tua : " ada koq..tenang saja..ini nanti ibu naik angkot bla..bla..bla.. turun nya di depan alun alun.. lalu ibu nyambung lagi pake angkot bla bla bla.."
dst...

trus apa yang menarik dari perbincangan di atas???????
hmmm....prtm kali gw dgr si ibunya blg "payung saya buat ibu saja" gw pikir bkl dipinjemin tu payung..ternyata dikasiin..!!! (ga bkl dibalikin) shock aja gw..klo gw yg jadi ibu itu..gw bakal berpikir lama bwt kasiin payung gw ke org yg ga gw kenal..bwt ngasi sedekah ke pengamen2 yg sering lalu lalang di perempata aja gw kdg mikir lama..apalagi kasi payung gw dgn cuma cuma ke orang yang ga gw kenal. ibu yang agak tua itu tulus bgt...
stelah gw mendengar pembicaraan mereka lebih jauh..gw baru tau..ternyata si ibu yg agak muda itu baru nyampe ke Bandung dan kyny berniat bekerja di slh satu perusahaan konveksi di Bandung. dy blm tau jalanan di Bandung apalagi rute angkotnya..uda itu ga bw payung lagi..pantesan si ibu yg agak tua itu ngoceh banyak soal jalanan di Bandung dan keadaan di Bandung.

jujur..gw salut bgt sama si ibu yg agak tua itu...mksdny..gw mgkn ga akan bisa berbuat spt itu klo gw diposisi dy...tulus bgt..hahha...yahh..payung emx ga seberapa sih...tp ktulusan dy mw bantu ibu yg agak muda itu yg buat gw kagum..
dan gw berharap cerita ini juga bisa jadi teladan buat orang-orang lain..bhwa di jaman sekarang ini...ketulusan sgt diperlukan dan gw yakin...siapa pun yang melihat dan mendengar pembicaraan 2 orang ibu-ibu tadi di angkot..bakal merasakan hal yang sama dgn gw...kagum dan salut bgt sm ibu itu!

4 komentar:

chrhad mengatakan...

[Lagi libur blm ada kerjaan --> tingkat keisengan berkomentar meningkat]

Yes, I agree with you,

"kagum dan salut bgt sm ibu itu!"

Langka loh bisa ada kejadian nyata seperti ini, ketulusan hati yg luar biasa. Apalagi sekarang orang2 udah trauma dg kejadian2 kriminal yg berbau penipuan, hipnotis, dsb., jadi kurang saling percaya. Sbg tambahan, mungkin kalo saya jadi ibu yg agak muda itu, saya juga mungkin malah takut kali. Udah mikir yg macem2 aja (apa dia bener2 tulus? jgn2 gw dijebak, dsb.) >:)

Cuma pendapat, yg "ngasi sedekah ke pengamen2 yg sering lalu lalang di perempata aja gw kdg mikir lama", emang serba salah sih, kalo gak ngasi, kesannya kita pelit, tp kalo ngasi, takutnya makin merajalela, males, & gak maju2 aja orang2 itu. Jadi kyknya ya gak usah terlalu merasa bersalah juga kalo gak niat ngasi (perlu liat dulu jg sih orangnya yg mo ditolong kyk gmn). Apalagi sempat ada imbauan pemerintah spy jgn ngasi ke pengamen bhkn pengemis. Selain banyak yg cuma sandiwara (kasus pengemis), by law mereka itu tanggungan negara, jadi menurut imbauan pemerintah lagi, katanya, lebih baik sumbangannya itu via dinas sosial (asal bener2 disalurkan tepat sasaran; titipan rakyat loh itu, Pak, Bu)

Btw, gambar ilustrasinya bagus. Bikin sendiri? Trus, sepertinya ini ditulisnya malam, kok jamnya malah 05.54 ya?

Hilda Persiana mengatakan...

wew...lgsg dikomen...gw seneng blog gw byk dikomenin..klo ad yg kurang bisa gw perbaiki..hahha..thx a lot ud sering berkunjung..hohoho..

bener...emx langka banget...senang bertemu kejadian ky gitu..bisa jadi bahan renungan diri dan sharing ke org lain...

soal pengamen dan pengemis..iya sih...mx serba salah..tp biasa ny gw kasi ke pengamen cm kalo nyanyi bagus ato kalo yg nyanyi ud tua..hahahaha..begitu juga dgn pngemis..yg anak2 gw ga perna kasih..ngasi duit gitu ke pengemis anak-anak cm mengajarkan mrka jadi lebi srg minta-minta lagi..ga da sisi positifnya.

gambarnya gw dpt dari hasil googling..gw da jiwa seni gw..ga mgkn bwt ndiri.. ;)

soal jam..iya nih..gw juga bingung..gmn cara gantinya...jam pas gw nulis sll beda..any suggestion??

Hilda Persiana mengatakan...

jam nya uda bener..stelah gw utak atik bagian pengaturannya..haha..thx for the correction..

Anonim mengatakan...

Wah,, crtanya bgus, ce... ^o^
I like it... Hehe

Posting Komentar