Kamis, 08 Juli 2010

apa sih susahnya antri??

pengalaman ini gw dapat pas lagi ngurus SIM di POLTABES Pontianak.

ceritanya gw baru aja belajar mobil dan pelatih mobil gw sekalian bantu gw buat ngurusin SIM A gw..gw rasa uda kebiasaan byk org sekarang yg pake calo bwt bikin SIM biar ga ribet bolak-balik kantor polisi. nah...gw juga salah satu org yg memakai jasa calo..jadinya gw cuma tinggal ke kantor nya buat difoto ajah...jadi dhe SIM gw..ga pake ribet sana sini...

so, here I am! siang itu gw diminta untuk datang ke POLTABES nya bwt foto. sampai disana gw sodorin formulir gw dan nunggu di panggil...SANGAT LAMA kemudian, ada bapak2 mulai manggil 1 per 1 org yg pgn foto bwt ambil nomer antrian..berhubung gw datangnya agak siangan, gw dapat nomer antrian 28. yah..awalny gw pikir ga bkl nunggu lama..apa sih susahnya, cm duduk dpn kamera, ceklik...selese dhe tu foto..si bapak petugas nya manggil org per kloter. jadi no antrian 1-10 duluan, trus stelah semuanya selesai, baru no antrian 11-20 masuk. yah..cm 10 org yg foto harusny ga bkl lama kan..tinggal ceklik 10 x beres dhe 1 kloter..jadilah gw disana menunggu dengan muka happy..
TERNYATA...

ALAMAK LAMANYA.....trnyata walopun yang dipanggil 10 org, tapi yg masuk ke ruang foto hampir 20an org..OMG! sekali pintu ruangan dibuka..smua org berebut masuk..ntah yg nomer antriannya 30an, 40an, ato bhkn 60an...smua ny nyelonong msk aja..KEMANA ATURAN YANG BERLAKU?????
Klo smuanya boleh nyelonong masuk gitu, apa gunanya kita dikasi nomer antrian..????????? mending semua org yg mau foto lari2an aja tuh bwt rebutan msk ruang foto..
The worse is that, ada bapak yang pake baju seragam PNS nya disana dengan suara lumayan kenceng ngajarin istri dan anak nya bwt nyelonong msk sekali pintu nya dibuka sm petugas.. “ntar langsung msk aja ya..ga prl nunggu nomer antrian..” kata si bapak. Si ibu nyaut “ loh..tapi kan belum giliran nya kita to’..emx boleh main msk aja..klo nanti diusir gmn?” “ ga bakal diusir..kalo uda msk pst lgsg kena giliran..pkkny nanti klo pintu nya dibuka lgsg msk ya! Ini nomer antrian nya ga da guna.” Si bapak ngmg dengan PEDE tingkat tinggi.
Gw cm bisa...ckckckckckckc... dalam hati.. oh Bapak...nyadar ga sih Bapak lagi pake seragam dinas. Seragam gitu jelas nunjukin bapak tu pelayan masyarakat..abdi negara, koq malah ngajarin untuk melanggar aturan ke keluarganya????????
Sekalinya giliran gw masuk..uda bisa ditebak, byk bgt om2 dan tante2 yg juga nyelonong msk..parah dhe..ruangan yg cm bwt nampung 10 org disesaki sm 20 org. Panas, pengap, dempet2an...campur sari dhe perasaan gw! Kesel nya minta ampun. Dan yg bikin paling kesel itu tuh.. si petugas enjoy aja tuh sama org2 yg nyelonong masuk! Grrrrrrrr...... 1 org ibu yg jelas2 masuk bkn pada saat gilirannya dipanggil ditanya sm si bapak petugas, “ Ibu, no antrian brp bu?” si ibu malu2 ga berani bilang. Trus ditanya lagi “nomer berapa? Klo mendesak kan bisa saya dahulukan..” ( gw uda panas dingin dsana) akhirnya si ibu jawab “ no 51. Saya punya anak kecil dirumah Pak, saya sudah disini dari pagi..” (muka memelas). Trus 1 lagi ibu2 didpn saya bilang “ saya juga Pak, anak saya sudah nangis2 mau minum susu. Saya belum bisa pulang.” Inti dari omongan mrk smua adalah kasiani saya dhe Pak..uda cape nunggu..gpp dhe saya didahulukan.. yah....si bapak pun dengan senyum pepsodent bilang “ kalo punya keperluan sih saya bantuin, Bu..cm ya gini..nanti kami yang diprotes..niatnya baik mw bantuin tapi dikata2in sama org2 yg nunggu diluar.”
Ya jelas lah lu bkl dimaki2 sm org diluar..emx yg nunggu dari pagi cm org2 yg nyelonong masuk aja???yg tertib antri emx ny ga nunggu dari pagi???? Klo smuanya minta toleransi...mau dikemanain disiplin kita???? Excuses kaya gitu nurut gw ga seharusnya diladenin..kasian boleh..tp seharusnya sebagai petugas, si Bapak harusnya ttp memegang pada aturan donk! Antri!! Klo tiap dipasangin muka memelas trus dibantuin..smua org aja tuh disuru pasang muka memelas..alasan ini itu..

Gw prn dgr cerita dari adik gw..katanya sempet ada pejabat dari luar negeri yang datang ke Indonesia dan dy menemukan fakta bahwa..org Indonesia adalah org yang PALING TOLERAN! Bhkn smp aturan2 tu boleh dilanggar saking tolerannya..dan yg pst ga kena hukuman. Lama-lama ga prl lagi dhe ada aturan di negara kita. Wong di kantor polisi yang jadi lembaga hukum aja aturan bisa dilanggar..apalagi di tempat lain...

Well, esensi dari tulisan kali ini...bwt gw dan bwt org yang baca..terutama bwt org2 yg suka ngelanggar aturan... ANTRI DONK!!!

1 komentar:

chrhad mengatakan...

"..org Indonesia adalah org yang PALING TOLERAN! Bhkn smp aturan2 tu boleh dilanggar saking tolerannya.."

Hm, jadi ingat kalo naik pesawat kadang kan dipanggil masuk pesawatnya per nomor deret kursi (apalagi yg berbadan lebar spt Airbus 330, 340, Boeing 777, dan 747). Misalkan mental "gak mau antri" itu terjadi di bandara internasional di luar negeri dan dilakukan orang Indonesia, apa gak bikin malu tuh? Apalagi katanya orang Indonesia kalo bepergian ke luar negeri itu sering naik pesawat berbendera asing.

Posting Komentar